Senin, 02 Juli 2012

MIKING SNARE DRUM

Perangkat drum adalah perangkat yang menjadi tulang punggung music modern. Karena biasanya drum inilah yang menyediakan rhythm trac untuk lagu-lagu yang akan direkam. Oleh karena itu teknik merekam sound drum dengan baik amatlah penting untuk mencapai hasil akhir yang baik.




GAMBAR. Tiga posisi miking snare drum

SNARE DRUM. adalah bagian drum yang tidak terlalu "rewel". Pada dasarnya, ada 3 posisi dasar dimana bisa menempatkan mic, tergantung selera. Masalahnya anda harus bisa memposisikan mic tersebut pada titik yang aman (jangan sampai kesenggol oleh drumer).

Tiga letak posisi micking snare yang umum:

a. POSISI 1. Untuk bermain music rock, sebuah mic cardioid dapat ditempatkan pada posisi ini, dengan jarak 1 inci dari rim. Mic tidak boleh menghadap ke symbal atau bagian drum yang lain, supaya sound tidak tercampur. Untuk snare drum, anda bisa menggunakan Shure SM57 atau Audix D series. Namun bukan berarti tidak boleh memakai mic yang diafragmanya kecil, karena mic semacam ini juga memberi sound yang lebih "tight".

b. POSISI 2. Untuk jazz, suara yang lebih "crispy" lebih digemari. Maka tempatkanlah sebuah mic lagi pada posisi ini untuk menghasilkan sound tersebut. Namun ingatlah bahwa kulit drum sebelah bawah agak "out of phase" sebesar 180 derajat dengan head drum sebelah atas. Sehingga phase polarity mic yang ditaruh di sebelah bawah harus direverse dulu, supaya sound snare anda tidak berantakan.

c. POSISI 3. Kalau takut mic anda berbenturan dengan snare, coba pakai mic yang bisa di clip-on atau digantung beberapa sentimeter dari snare seperti pada posisi ini. (source:audiopro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.